Golkar Riau - Tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Golkar, PAN dan PPP di Provinsi Riau sampai saat ini belum melakukan pertemuan seperti yang dilakukan di tingkat DPP. Meski demikian, dalam waktu dekat ketiga pentolan partai dan pejabat teras tiga parpol tersebut akan segera melakukan pertemuan.

Sekretaris DPW PAN Riau, Sahidin dikonfirmasi CAKAPLAH.com mengatakan, bahwa keputusan bersama KIB untuk bersama-sama di pusat juga otomatis turun ke provinsi sampai ke daerah tingkat dua bahkan sampai ke ranting.

"Untuk di Riau, tentu KIB itu dari pusat sampai ke daerah. Baik itu arahan semua ketua partai, 3 partai ini mengarahkan koalisi ini untuk semua, sampai ke daerah," ujar Sahidi, Selasa (21/6/2022).

Disinggung mengenai apakah akan dilakukan deklarasi di tingkat provinsi seperti yang dilakukan di tingkat pusat, anggota DPRD Riau ini mengatakan tidak. Karena deklarasi cukup hanya di tingkat pusat, dan tingkatan dibawahnya otomatis sudah langsung berkoalisi.

"Kalau deklarasi cuma satu saja, sudah mewakili untuk daerah semua di bawah. Tinggal lagi menyatukan visi misi. Cuma ya mungkin kita perlu pertemuan," cakapnya lagi.

Sejauh ini, kata Sahudin lagi, belum dilakukan pertemuan di tingkat provinsi. Namun, akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kemarin saya ketemu Ketua DPD Golkar pak Syamsuar, beliau sudah bicara, kapan kita duduk bersama, tentu kan mencari waktu.
Seperti pak Syamsurizal dan pak Alfedri kan harus dicari jadwalnya, tapi memang akan duduk bersama kita," cakapnya.

"Yang jelas sekarang ini berkoalisi dulu, susunan di pusat menyamakan visi misi dulu, kita belum ada bicara orang per orang," tukasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Riau Syamsuar, mengatakan tidak dapat memberikan kepastian terhadap kelanjutan Silaturahmi Nasional Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada tingkat Provinsi Riau. Dan diakui Syamsuar, koalisi tiga partai besar (Golkar, PPP dan PAN) tersebut untuk kepentingan pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Namun meskipun demikian, Syamsuar mengaku telah menginstruksikan kepada seluruh Ketua DPD Partai Golkar kabupaten/kota se-Riau untuk berkomunikasi dengan para Ketua PPP dan Ketua PAN pada level kabupaten/kota masing-masing.

"Para ketua DPD II Golkar se-Riau juga sudah diminta untuk berkomunikasi dengan ketua partai PAN dan PPP di daerah. Ya, ini memang sekarang koalisi ini untuk menuju Pilpres. Nanti apakah akan ada untuk kepentingan lain, ya kita lihat saja perkembangan nanti," kata Syamsuar.

Masih menurut pria yang juga Gubernur Riau ini, sudah direncanakan akan ada juga nanti silaturahmi ketiga partai politik ini di tingkat provinsi. Saat ini, kata dia, sedang menyesuaikan jadwal dari DPP, DPD dan DPW juga tingkat kabupaten/kota partai masing-masing.

"Sudah ada arahan dari DPP dan KIB pusat untuk diadakan juga silaturahmi di tingkat daerah. Kita sedang menyelaraskan jadwal masing-masing, agar nanti silaturahmi kita bisa bergaung hebat," kata Syamsuar.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Provinsi Riau, Syamsurizal mengatakan, bahwa dari silaturahmi nasional tersebut belum diputuskan siapa yang akan menjadi Capres dari koalisi tersebut.

"Masing-masing pidato, belum bicara Pilpres. Intinya dari pernyataan Ketum, bukan tidak mungkin yang akan diusung adalah calon di luar koalisi dan bukan tidak mungkin juga calon yang diusung di dalam koalisi," kata Syamsurizal, Senin (6/6/2022) lalu.

Untuk memutuskan hal tersebut, kata Syamsurizal, akan dibahas kemudian dan tidak langsung diputuskan dalam agenda tersebut.

"Yang jelas kemarin itu masih saling salam menyalami. Masih belum bicara capres. Capresnya bisa dari dalam bisa dari luar," tukasnya

Seperti diketahui, Silaturahmi Nasional Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dihelat di Jakarta, Sabtu malam (4/6/2022). Ketiga Ketua Umum partai, yakni Partai Golkar, PAN dan PPP hadir bersama para petinggi partainya.

Pada helat ini, Ketum DPP Golkar Airlangga Hartarto, Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum DPP PPP Suharso Manoarfa juga menandatangani deklarasi bersama, bersatu di dalam KIB.

Tak ketinggalan pula dari Riau. Para ketua ketiga partai ini pun hadir di tempat acara. Ketua DPD I Golkar Riau H Syamsuar, Ketua DPW PAN Riau H Alfedri, dan Ketua DPW PPP Riau H Syamsurizal nampak akrab dan kompak.

Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/86132/2022/06/21/kib-di-riau-tak-agendakan-deklarasi-sudah-menjadwalkan-duduk-bersama#sthash.Pwln63Kg.dpbs